Sensatia Botanicals

Jul 14, 2022

Essential Oil: Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Memilih Produk Terbaik

Apa itu Essential Oil?

Essential Oil: Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Memilih Produk Terbaik
Tak hanya memiliki aroma yang menenangkan, ternyata banyak juga manfaat essential oil yang bisa kita dapatkan dari penggunaan yang tepat, loh!

Hingga saat ini, essential oil atau minyak atsiri masih sering dimanfaatkan sebagai salah satu pengobatan aromaterapi yang digemari oleh masyarakat. Selain dihirup dengan menggunakan bantuan diffuser, kamu juga bisa merasakan manfaat essential oil dengan cara melarutkannya terlebih dahulu menggunakan carrier oil.

Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya iritasi, kulit kemerahan, dan sensasi terbakar pada kulit. Beberapa carrier oil yang bisa kamu gunakan antara lain coconut oil, jojoba oil, atau minyak zaitun. Setelah melarutkannya, kamu baru bisa mengoleskannya di beberapa bagian tubuh, seperti telapak kaki, bawah hidung, perut, pelipis, atau di bagian leher.

Masih bingung? Untuk memahami essential oil lebih lanjut, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Essential Oil?


Dilansir dari Hellosehat.com, minyak esensial atau minyak atsiri merupakan ekstrak minyak harum yang didapatkan dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, atau biji buah tertentu.

Minyak yang dihasilkan ini memiliki aroma dan esensi dari tanaman yang digunakan dan konon efektif untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Essential Oil


Berbeda dengan minyak pada umumnya, essential oil tidak mengandung asam lemak dan ekstrak yang dihasilkan berasal dari tanaman sumber olahannya. Tak hanya bermanfaat untuk relaksasi dan memberikan efek menenangkan pikiran, berikut ini manfaat essential oil untuk kesehatan:

1. Essential oil dari peppermint
Minyak esensial yang terbuat dari ekstrak peppermint mengandung senyawa yang bisa menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut.

Maka tak heran jika minyak esensial yang satu ini sangat cocok digunakan saat kamu mengalami mual, diare, atau kram perut dengan cara melarutkannya dalam carrier oil kemudian mengoleskannya di bagian perut agar tidak menimbulkan iritasi kulit.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari ekstrak peppermint adalah untuk meningkatkan energi dan stamina tubuh, mengurangi sakit kepala, serta menurunkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan seseorang mengalami stress.

2. Essential oil dari lemon
Selanjutnya, ada minyak esensial yang dihasilkan dari buah lemon dipercaya bisa memperbaiki suasana hati seseorang dan membantu mengendalikan gejala depresi. Tak hanya itu saja, manfaat essential oil dari lemon juga berperan dalam mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus membantu mengatasi jerawat.

Memiliki aroma yang segar dan bisa memperbaiki suasana hati, minyak esensial yang satu ini juga sangat cocok untuk digunakan pada saat bekerja, karena bisa membantu meningkatkan daya fokus kita, loh.

3. Essential oil eucalyptus
Sering mengalami hidung tersumbat akibat pilek dan flu? Untuk yang satu ini, cobalah untuk menghirup aroma minyak esensial dari kayu putih (eucalyptus) secara rutin yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dan rasa sesak akibat alergi. Hal ini dikarenakan eucalyptus mengandung sifat antibakteri yang bisa merilekskan otot-otot hidung.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial eucalyptus ke dalam air hangat, kemudian hirup aroma segarnya agar hidung terasa lega.

4. Essential oil dari lavender
Hampir sama dengan peppermint, minyak esensial yang dihasilkan dari ekstraksi tanaman lavender juga terkenal bisa memberikan efek menenangkan dengan mengurangi kadar hormon kortisol dalam darah, loh.

Bahkan, menghirup aroma minyak esensial lavender juga bisa membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Khusus untuk wanita, campurkan minyak esensial dengan carrier oil kemudian mengoleskannya di area perut saat menjelang menstruasi juga bisa meringankan gejala PMS.

5. Essential oil dari chamomile
Selain banyak dimanfaatkan sebagai teh, tanaman chamomile juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber olahan essential oil. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak chamomile adalah untuk membantu tubuh agar lebih rileks dan mengurangi stress pada pikiran.

Bahkan, meneteskan minyak esensial chamomile di bantal juga bisa membuat kamu mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari, loh.

Cara Kerja dan Penggunaan Essential Oil


Umumnya, essential oil digunakan sebagai aromaterapi dengan cara dihirup baik secara langsung maupun melalui bantuan alat diffuser untuk memberikan efek menenangkan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak esensial langsung ke bagian tubuh yang sedang mengalami gangguan, misalnya perut saat kram atau pelipis saat sakit kepala.

Namun, pastikan untuk melarutkan atau mencampurkannya terlebih dahulu dengan carrier oil seperti jojoba oil, coconut oil, atau minyak zaitun agar tidak timbul iritasi pada kulit, ya.

Menstimulasi otak manusia melalui rangsangan indera penciuman merupakan cara kerja minyak esensial yang seringkali kita jumpai.

Cara Memilih Essential Oil Terbaik
Hal penting yang harus diperhatikan saat memilih essential oil terbaik adalah dengan melihat kualitas produknya.

Nah, berhubung hingga saat ini masih belum ada lembaga pemerintahan yang memberikan sertifikasi untuk essential oil, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memilih minyak esensial yang tepat:

- Produk mencantumkan nama latin sumber bahan olahannya di dalam label kemasan, informasi kemurnian, dan juga negara asal tanaman yang digunakan
- Beli produk dari perusahaan yang terpercaya
- Pilih minyak esensial dengan kemasan botol kaca berwarna gelap. - Pasalnya, minyak esensial murni memiliki konsentrasi tinggi dan dapat melarutkan botol plastic seiring waktu sehingga bisa mengotori minyak.

Namun sekarang tak perlu bingung lagi mencari produk mana yang terbaik sebab ada minyak esensial dari Sensatia Botanicals yang bisa kamu pilih berikut ini:

Lavender Bud Essential Oil
Beberapa manfaat essential oil yang bisa kamu dapatkan antara lain aroma lavender yang menenangkan, membantu mengurangi perasaan cemas, meningkatkan kualitas tidur, dan mengandung senyawa aktif yang terkandung di dalamnya dapat meringankan iritasi kulit.
Untuk menggunakannya, coba tuangkan 4-8 tetes Lavender Bud Essential Oil dan Sensatia Botanicals ke dalam air hangat untuk berendam sebelum tidur untuk mendapatkan rasa tenang yang mendalam.

Lemongrass Essential Oil
Terbuat dari bahan utama serai dengan aroma citrus yang menyegarkan, Lemongrass Essential Oil dipercaya mampu membantu meningkatkan energi dan bertindak sebagai anti depresan natural.

Selain itu, kandungan antiseptic di dalamnya dapat membantu melawan jerawat, meratakan warna kulit, serta menghidrasi dan melembutkan kulit agar terlihat awet muda. Lemongrass Essential Oil cocok digunakan saat merasa kelelahan ataupun kurang sehat, terutama setelah melakukan aktivitas seharian penuh.

Nah, dari kedua pilihan esensial oil dari Sensatia Botanicals di atas, mana yang ingin kamu coba dulu, nih? Yuk, dapatkan segera produknya dengan cara membelinya baik secara langsung di toko maupun secara online sekarang juga!