Sensatia Botanicals

Jul 22, 2022

Pahami 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Berikut Ini

Cari tahu penyebab pori-pori besar dan cara mengecilkan pori pori wajah di sini!

Pahami 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Berikut Ini
Pada dasarnya, cara mengecilkan pori-pori wajah tidaklah sulit. Bahkan, kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan bahan alami, lho!

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa dalam tubuh manusia, pori-pori yang terdapat pada kulit, baik di wajah, lengan, kaki, atau area tubuh lainnya memiliki peran yang cukup penting, yaitu untuk melembapkan dan menjaga kesehatan kulit serta membuang racun yang keluar melalui keringat.

Namun, karena beberapa faktor yang memengaruhinya, pori-pori bisa bertambah lebar dan tersumbat. Kondisi inilah yang akhirnya menjadi penyebab komedo dan beberapa masalah lainnya pada kulit.

Penyebab pori-pori besar dan tersumbat
Sebelum mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah, simak dulu beberapa kemungkinan penyebabnya berikut ini:

1. Produksi sebum atau minyak wajah yang berlebihan
Dilansir dari SehatQ.com, produksi sebum yang berlebihan menyebabkan pori-pori membesar untuk mengeluarkan kelebihan sebum. Lubang yang membesar ini pada akhirnya menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah.

2. Faktor genetik
Pori-pori yang cukup besar dan kulit wajah yang berminyak juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jika orang tua atau saudara kandungmu memiliki kondisi yang sama, maka tak heran jika dalam satu keluarga seringkali mengalami masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

3. Paparan sinar matahari yang berlebihan
Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab pori-pori besar dan penebalan pada kulit. Hal inilah yang membuat pori-pori wajah membesar dan susah untuk dicegah.

Tak hanya kulit wajah yang menebal, paparan sinar matahari yang berlebihan juga mampu merusak produksi kolagen dalam tubuh, sehingga menyebabkan menurunnya elastisitas kulit dan melebarnya pori-pori wajah.

4. Terlalu sering membersihkan wajah
Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah, kita memang dituntut untuk membersihkannya secara rutin menggunakan produk face cleanser yang sesuai dengan kondisi kulit.

Sayangnya, masih banyak yang melakukannya secara berlebihan dengan anggapan bisa membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat secara optimal. Padahal, justru cara yang satu inilah yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu penebalan serta pori-pori yang membesar.

5. Pertambahan usia dan perubahan hormon
Semakin bertambahnya usia, maka semakin menurun pula produksi kolagen pada kulit. Kondisi inilah yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya, termasuk kulit wajah. Selain kulit wajah yang terlihat kendur dan keriput, pori-pori kulit wajah juga semakin membesar.

6. Gaya hidup
Tak hanya membuat kulit menjadi kusam dan kendur, kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan produksi sebum, sehingga pori-pori kulit wajah juga ikut membesar atau terbuka.

Pori-pori besar memicu komedo dan jerawat
Setiap kulit manusia memiliki jenis yang beraneka ragam, dan diantaranya ada yang pori-porinya cukup besar. Pori-pori inilah yang merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum) dan kotorang serta racun dari tubuh (keringat).

Ketika ukurannya semakin membesar, maka akan lebih mudah tertutup oleh keringat, minyak, sel kulit mati, debu, kotoran, bahkan bakteri yang menempel di tubuh.

Jika kondisi ini dibiarkan secara terus-menerus, maka bisa membuat saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan memicu peradangan. Penyumbatan inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab komedo dan jerawat pada wajah.

Cara mengecilkan pori-pori wajah
Meski pori-pori wajah yang besar tidak bisa benar-benar dihilangkan, namun setidaknya kita bisa mengecilkan ukurannya agar tidak memicu masalah kulit yang lebih parah. Nah, jika kamu termasuk salah seorang yang mengalaminya, berikut ini beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu coba di rumah:

1. Mencuci wajah dua kali sehari
Terutama di pagi hari sebelum beraktivitas dan sore atau malam hari setelah beraktivitas. Untuk kulit berminyak dan cenderung memiliki pori-pori yang besar, kamu bisa menggunakan Tea Tree & Lemon Facial Cleanser dari Sensatia Botanicals, face cleanser yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Terbuat dari campuran bahan alami sari lidah buaya, ekstrak tea tree, gotu kola, dan ekstrak kulit lemon yang kaya akan nutrisi dan antioksidan membantu menyeimbangkan sebum dan mencegah jerawat.

2. Rajin mengaplikasikan pelembap wajah
Khususnya setelah membersihkan wajah menggunakan face cleanser yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahannya, baik di pagi maupun malam hari sebelum tidur. Pelembap wajah inilah yang bisa menjaga kelembapan kulit untuk mencegah pori-pori semakin membesar.

3. Selalu mengaplikasikan tabir surya
Apalagi jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari berlebihan yang memicu kerusakan kolagen dan juga memperbesar pori-pori wajah.

4. Eksfoliasi wajah secara rutin 1-2 kali seminggu
Proses ini menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah yang tidak boleh kamu lewatkan. Beberapa rekomendasi produk untuk mengecilkan pori-pori di wajah dari Sensatia Botanicals, antara lain:
- Green Tea & Tamarind Facial Scrub dengan kandungan teh hijau, tamarind, dan papaya yang bisa membantu melindungi kulit wajah, mengencangkan kulit, dan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran yang menempel di kulit wajah.
- Cleopatra's Rose Facial Scrub dengan kandungan shea butter, biji argan, dan minyak kelopak mawar untuk melembapkan, mencegah penuaan dini, dan juga mengeksfoliasi kulit agar lebih halus, lembut, dan tetap lembap.

5. Mengoleskan es batu pada wajah
Konon cara yang satu ini bisa mengencangkan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori kulit wajahmu, loh.

6. Mengoleskan cuka sari apel di wajah
Dilansir dari Halodoc.com, mengoleskan cuka sari apel di wajah juga bisa mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat dan mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba untuk mengatasi peradangan dan menyeimbangkan pH pada kulit.

7. Perawatan kulit dari dalam
Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga harus mengimbanginya dengan perawatan kulit dari dalam untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Caranya adalah dengan memenuhi nutrisi dari makanan bergizi, menghindari makanan berminyak, dan juga makanan cepat saji yang bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan kulit.

Setelah mengetahui beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah di atas, kamu tak perlu bingung dan khawatir lagi untuk menjaga kesehatan kulit, deh.

Apalagi dengan penggunaan rangkaian produk Sensatia Botanicals secara rutin setiap harinya. Oleh karena itu, yuk dapatkan langsung produknya dengan membelinya di toko atau secara online sekarang juga!