Sensatia Botanicals

Jul 14, 2022

Ketombe 101: Penyebab, Faktor Risiko, dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis ketombe

Ketombe 101: Penyebab, Faktor Risiko, dan Cara Mengatasinya
Tak hanya membuat kulit kepala terasa gatal, munculnya ketombe juga bisa bikin rasa percaya diri turun drastis. Jika sudah begini, shampo penghilang ketombe solusinya. Tapi sebelum itu, cari tahu dulu apa sih sebenarnya ketombe itu.

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling sering dialami oleh semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan munculnya serpihan kulit kering yang tak jarang juga disertai rasa gatal yang sangat mengganggu.

Well, pada dasarnya, ketombe merupakan sel-sel kulit mati dari kulit kepala yang mengelupas dan berjatuhan ke baju.

Meski hal ini adalah hal yang wajar terjadi, namun sepertinya hingga kini masih banyak yang belum tahu bahwa setiap ketombe punya jenis yang berbeda dan disebabkan oleh faktor yang berbeda pula. Apa saja, ya? Cek informasi berikut ini!

Jenis-jenis ketombe


Sebelum membahas lebih lanjut soal penyebab ketombe dan cara mengatasinya, berikut ini beberapa jenis ketombe yang harus kamu ketahui:

- Ketombe kering, biasanya muncul karena kulit kepala yang kering dan mengelupas akibat paparan sinar matahari. Ketombe yang dihasilkan memiliki tekstur yang kering, ukurannya kecil, dan biasanya banyak berjatuhan ke baju.
- Ketombe basah, muncul akibat kulit kepala yang berminyak. Berbeda dengan ketombe kering, ketombe basah memiliki ukuran yang lebih besar, warnanya kekuningan, lengket, dan menimbulkan rasa gatal.
- Ketombe jamur disebabkan oleh perkembangan jamur Malassezia yang tidak terkontrol. Bentuknya seperti serpihan kulit berwarna kuning dan putih serta menimbulkan rasa gatal luar biasa.

Apa penyebab ketombe?


Agar masalah ketombe yang dialami bisa ditangani dengan baik, berikut ini penyebab ketombe yang sering dialami:

- Kulit Kepala Kering atau Berminyak
Penyebab ketombe yang paling umum adalah karena kondisi kulit kepala yang kering maupun berminyak. Kulit kepala yang kering biasanya terjadi karena paparan udara dingin dari AC atau sinar matahari yang berlebihan.

Jika kamu seringkali beraktivitas di luar ruangan dan jarang melakukan perawatan rambut yang baik, maka jangan heran kalau kulit kepala yang kering ini akan mengelupas dan menjadi ketombe.

Sedangkan penyebab ketombe karena kulit kepala yang berminyak biasanya terjadi akibat produksi sebum atau minyak alami yang berlebihan. Biasanya, butiran ketombenya akan berukuran lebih besar dan berwarna kekuningan, lengket saat disentuh, dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

- Perkembangan Jamur Malassezia Globosa
Selanjutnya, ketombe juga bisa disebabkan oleh perkembangbiakkan Jamur Malassezia Globosa yang tidak terkontrol. Jenis jamur yang satu ini seringkali muncul saat tidak ada paparan sinar matahari, seperti musim hujan, saat terpapar AC, atau setelah menggunakan helm yang kotor.

Hal inilah yang memicu jamur berkembangbiak dengan lebih cepat dan memaksa produksi sel kulit baru yang bereaksi dengan minyak pada rambut kemudian menyebabkan rasa gatal. Kondisi ini akan semakin buruk jika kamu memiliki kebiasaan menggaruk kepala dengan keras.

- Jarang membersihkan rambut
Apakah kamu termasuk orang yang malas membersihkan rambut menggunakan shampo secara rutin? Jika iya, tak heran jika akan muncul ketombe di kulit kepala yang terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, sebum, dan juga kotoran di kulit kepala.

Faktor risiko ketombe
Setiap orang memang bisa saja mengalami ketombe di kulit kepalanya, tapi beberapa orang dengan faktor risiko berikut ini akan lebih rentan untuk mengalaminya:

- Usia. Umumnya, ketombe banyak dialami oleh anak remaja dan berlanjut hingga usia paruh baya.
- Jenis kelamin. Konon, ketombe lebih sering dialami oleh pria akibat produksi sebum yang berlebihan.
- Penyakit tertentu, seperti Parkinson yang memengaruhi sistem saraf dan HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
- Riwayat penyakit kulit, seperti eksim, rosacea, psoriasis, dermatitis, atau jerawat yang bisa memperburuk kondisi ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe
Untuk mengatasi rambut berketombe, cobalah lakukan beberapa caranya berikut ini:

- Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B dan D, lemak baik, dan zat besi yang bisa mengatasi ketombe.
- Tidak berbagi handuk, sisir, dan aksesoris kepala, terutama dengan mereka yang memiliki masalah ketombe. Sebaiknya gunakanlah handuk khusus yang hanya digunakan untuk membersihkan rambut setelah keramas, berbeda dengan handuk yang biasa untuk mengeringkan tubuh setelah mandi.
- Mencuci helm secara rutin dua kali dalam sebulan untuk mencegah pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan rasa gatal dan ketombe di kulit kepala.

Selain beberapa cara di atas, rutin membersihkan rambut menggunakan shampo penghilang ketombe merupakan cara yang paling efektif untuk dilakukan. Sebagai solusinya, simak beberapa rekomendasi shampo anti ketombe dari Sensatia Botanica berikut ini:

Nurturing Shampoo yang cocok untuk semua kondisi rambut. Formulanya yang ringan disertai campuran ekstrak tumbuhan dengan konsentrasi tinggi mampu membantu mengangkat kotoran, merawat kulit kepala dan membantu mengatasi ketombe.

Rambut terlihat serta terasa lembut, berkilau, kuat, dan wangi berkat kandungan bunga dan citrus dari lemon dan mawar yang terkandung di dalamnya.

Hydrating Shampoo untuk kondisi kulit kepala yang cenderung normal ke kering. Formulanya yang unik mengandung zat aktif dari tumbuhan yang membersihkan kotoran serta menutrisi kulit kepala dan rambut. Campuran minyak esensial memberikan aroma citrus yang menyegarkan juga menghasilkan rambut yang kuat dan berkilau.

Balancing Shampoo yang cocok untuk kulit kepala berminyak dan rawan ketombe. Diformulasikan dengan senyawa murni dari minyak tea tree, minyak peppermint dan ekstrak ginseng, Balancing Shampoo memiliki aroma mint herbal dengan efek menyegarkan.

Bahan-bahan alaminya membantu mengatasi ketombe dengan melembabkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi berminyak. Sampo ini juga membantu membersihkan minyak berlebih pada rambut menjadikannya terlihat sehat dan berkilau.

Pastikan untuk menggunakan jenis shampo penghilang ketombe dari Sensatia Botanicals yang sesuai dengan kondisi kulit kepala untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!