Sensatia Botanicals

Jul 22, 2022

7 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Yuk, cari tahu berapa lama bekas jerawat akan hilang dan cara alami menghilangkan bekas jerawat menggunakan produk Sensatia Botanicals di sini!

7 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat
Habis jerawat, terbitlah masalah flek hitam pada wajah yang terkadang lebih sulit untuk diatasi. Kira-kira, berapa lama bekas jerawat akan hilang, ya?

Perlu dipahami bahwa noda bekas jerawat berupa flek hitam memang sangat mengganggu serta menyebabkan kulit wajah menjadi tidak rata dan mulus. Hal ini juga sukses membuat kita jadi kurang percaya diri saat beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain.

Jika sudah begini, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif? Yuk, cari tahu di sini!

Mengapa jerawat bisa membekas?
Dilansir dari laman online Hellosehat.com, bekas jerawat baik yang berwarna merah maupun hitam biasanya ditandai dengan perubahan tekstur dan lekukan yang bersifat permanen di kulit akibat terjadinya peradangan.

Selain itu, peradangan yang terjadi pada kulit wajah juga memicu kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia, sehingga tubuh memproduksi melanin secara berlebihan.

Melanin sendiri merupakan zat pemberi warna pada kulit manusia. Jika produksinya berlebihan, maka bisa memicu hiperpigmentasi pada kulit, sehingga bekas jerawat menjadi berwarna cokelat atau hitam.

Selain disebabkan oleh peradangan, berikut ini beberapa kebiasaan yang memicu timbulnya noda bekas jerawat pada wajah:

- Sering memencet jerawat
- Menghentikan perawatan untuk jerawat terlalu cepat
- Bekas jerawat tidak mau hilang karena terlalu sering mencuci muka, sehingga kulit wajah menjadi kering dan meradang
- Tidak menggunakan tabir surya atau sunscreen, terutama saat beraktivitas di luar ruangan

Berapa lama bekas jerawat akan hilang?
Bekas jerawat terjadi akibat adanya reaksi peradangan yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan akan hilang sendiri seiring dengan membaiknya reaksi peradangan yang dialami. Lamanya waktu pemulihan noda bekas jerawat tentu akan berbeda sesuai dengan jenis luka yang tersisa.

Untuk bekas jerawat yang jenis macular scar, yaitu bekas jerawat berwarna merah di bagian dahi dan pipi (paling umum terjadi) akan memudar dalam waktu enam hingga 12 bulan. Namun, kamu tak perlu khawatir sebab kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi dan dapat diatasi dengan bantuan tenaga ahli maupun pengobatan menggunakan bahan alami.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami
Selain melakukan perawatan di klinik kecantikan, masih ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini!

1. Menempelkan irisan lemon
Bekas jerawat tidak mau hilang bisa diatasi secara alami dengan cara menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat di wajah. Hal ini dipercaya bisa memudarkan bekas jerawat secara perlahan karena kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

2. Mengoleskan gel lidah buaya
Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya. Pasalnya, kandungan aloin di dalam lidah buaya mampu memudarkan noda bekas jerawat, mencerahkan area kulit yang gelap, dan mengurangi pigmentasi pada kulit wajah. Untuk cara yang satu ini, kamu bisa menggunakan daging lidah buaya yang baru dipetik maupun produk gel lidah buaya yang bisa ditemukan di pasaran. Oleskan gel lidah buaya, diamkan selama 30 menit, dan ulangi sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengoleskan masker madu
Tak hanya memudarkan bekas jerawat, memanfaatkan madu sebagai masker wajah juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka.

Caranya pun sangat mudah, kamu cukup mengoleskan madu secara merata di bagian bekas jerawat setelah membersihkan muka. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas kembali menggunakan air bersih.

4. Menggunakan masker irisan kentang
Kamu juga bisa memanfaatkan masker irisan kentang untuk menyembuhkan kulit dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Caranya pun mirip, cukup iris tipis kentang yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan di bagian bekas jerawat dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk menyamarkan bekas jerawat lebih cepat, ya.

5. Memanfaatkan gula pasir sebagai scrub
Tak hanya digunakan sebagai pemanis minuman, kamu juga bisa memanfaatkan gula pasir sebagai scrub untuk memudarkan noda bekas jerawat. Hal ini berkat kandungan asam glikolat dan AHA pada tebu sebagai bahan baku gula yang mampu membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.

6. Cara menyamarkan bekas jerawat menggunakan skincare
Selain beberapa cara di atas, dukung juga usaha kamu untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan rangkaian skincare yang tepat setiap harinya.

Tak boleh sembarangan, pilihlah produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan alami yang aman digunakan dan ampuh untuk menyamarkan bekas jerawat di wajah, seperti produk skincare dari Bali, Sensatia Botanicals berikut ini:

- Toning Kakadu Plum Sheet Mask, sheet mask yang dilengkapi kandungan ekstrak kakadu plum, licorice, dan kamomil untuk membantu menyeimbangkan dan mencerahkan kompleksi kulit. Cocok untuk semua jenis kulit, sheet mask satu ini bisa kamu masukkan ke dalam ritual pemakaian skincare untuk menyamarkan noda bekas jerawat di wajah, loh!

- Brightening Kakadu Plum Gel Mask, masker berbentuk gel yang dilengkapi dengan ekstrak Kakadu plum yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen, mengurangi garis-garis halus dan pigmentasi akibat paparan sinar matahari, dan juga meratakan warna kulit. Gunakan sebanyak 1-2 kali seminggu untuk membantu menyamarkan noda bekas jerawat kamu, ya!

Agar noda bekas jerawat bisa menghilang lebih cepat, hindari kebiasaan memencet jerawat dan juga gunakan produk skincare dari Sensatia Botanicals secara rutin setiap harinya. Dapatkan produknya dengan cara membelinya di toko secara langsung maupun secara online sekarang juga!